JAM GENTO ICON KABUPATEN MERANGIN



Jam Gento Merupakan ICON Kabupaten Merangin yang dibangun pada tahun 2001 pada saat kepemimpinan Bapak Bupati ROTANI YUTAKA dan diresmikan Oleh Bapak AMIEN RAIS yang kala itu menjabat sebagai ketua MPR RI. Bangunan JAM GENTO ini didirikan dipuncak sebuah bukit yang ada diareal kota Bangko dan berbentuk sebuah menara yang menjulang dengan dilengkapi JAM. Pada awal pembangunannya Jam Gento ini berfungsi sebagai penunjuk waktu sholat serta sebagai pusat penyiaran station radio lokal yaitu Suara Rakyat Merangin.
Seiring berjalannya waktu keberadaan Jam Gento ini sempat terbengkalai dan rusak bahkan terkesan seperti bangunan yang tidak terawat. Hingga pada tahun 2016 Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin pada saat kepemimpinan Bupati AL-HARIS bangunan ini mulai direhab dan dibenahi. Walau pada awal mula rehabilitasi bangunan Jam Gento ini sempat terjadi Pro dan Kontra namun di akhir tahun 2016 Jam Gento  versi baru telah terselesaikan.
Terjadi beberapa perubahan mencolok pada bangunan baru Jam Gento yang telah direhabilitasi. Perubahan itu lebih mengarah pada tatanan pembagian fungsi bangunan yang dibagi menjadi 3 (tiga) lantai. Pada lantai pertama difungsikan sebagai PENDOPO, lantai kedua rencananya akan difungsikan sebagai PUSAT INFORMASI, MUSEUM dan PENJUALAN SOUVENIR, selanjutnya pada lantai ketiga berfungsi sebagai tempat yang disediakan untuk melihat dan menikmati pemandangan yang ada di kota Bangko.
Bangunan baru Jam Gento ini terlihat lebih megah dan modern, pada lantai tiga puncak dari bangunan ini pengunjung dapat melihat dan menikmati pemandangan mulai dari Jalan Lintas Sumatera, Jembatan Batang Merangin, Jembatan Syamsudin Uban, Rumah Dinas Bupati Merangin, Masjid Agung Baitul Makmur dan Masih Banyak Lagi. Saat sore hari tempat ini juga banyak dikunjungi kawula muda untuk menikmati pemandangan SUN SET (matahari tenggelam), Hunting Foto (SELFIE) bahkan pada saat bulan Ramadhan juga bisa dijadikan sebagai tempat menunggu saat berbuka puasa tiba.
Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Jam Gento saat ini Jam Gentu dibuka setiap hari mulai pukul 07.45 WIB hingga 17.45 WIB khusus hari Jumat dibatasi hanya sampai pukul 11.00 WIB. Sedangkan biaya Restribusi sampai dengan penulis berkunjung Pemerintah Daerah masih belum menetapkannya. Adapun fasilitas yang disediakan disini seperti tempat parkir, Toilet dan taman bermain disekitar bangunan induk, atau bagi pecinta kuliner dapat berburu kuliner yang ada dikota Bangko karena Jam Gento ini keberadaannya tepat dipusat kota Bangko. 

Foto JAM GENTO lama sebelum REHAB



Foto JAM GENTO Setelah DIREHAB


Pemandangan JAM GENTO dan Sekitarnya








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VOLLEY SPEKTAKULER

Saksikan dan Ramaikan Tournamen Bola Volley Open Jogjakarta dan Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di Lapangan Bola Volley Sanggrahan ...